Pembukaan PKP Angkatan XII, Gubernur Paman Birin Tekankan Pejabat Pengawas Mampu Wujudkan Visi dan Misi Kalsel

0
118

Banjarbaru — Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin menyampaikan pentingnya Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) sebagai upaya meningkatkan kualitas SDM dari era yang penuh tantangan di zaman sekarang.

Hal itu disampaikan Gubernur Paman Birin dalam sambutan tertulis pada pembukaan PKP Angkatan XII Tahun 2024 di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Kalsel pada Senin (23/9/2024).

“Selamat datang di Kampus 1 BPSDMD Provinsi Kalimantan Selatan. Dan kampus ini adalah Kawah Candradimuka atau kumpulan orang-orang pintar, jadi peserta ini bagian dari makna itu,” sampai Gubernur Paman Birin dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan H. Ahmad Bagiawan.

Dalam kesempatan itu, Paman Birin kembali mengingatkan bahwa pelatihan kepemimpinan pengawas ini merupakan bagian penting dari upaya meningkatkan kualitas SDM dari era yang penuh tantangan di zaman sekarang.

Sehingga tidak hanya diperlukan sebagai pemimpin yang cakap dalam bertugas, tetapi mampu menjalankan integritas dalam mewujudkan visi-misi Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

“Perlu adaptasi yang tinggi. Para pejabat pengawas memiliki peran yang penting dan strategis dari tugas-tugas umum dalam pembangunan daerah,” tegas Paman Birin.

Paman Birin menjelaskan, pejabat pengawas dalam tugasnya sangat berpengaruh dalam mengimplementasikan setiap kebijakan sehingga posisinya berada di garis depan.

Kemudian, Gubernur Paman Bidin menyebut kegiatan peserta PKP atau eselon IV itu berdampak untuk meningkatkan Indeks Profesionalitas (IP) ASN di lingkup Pemprov Kalsel.

“Output kegiatan ini merupakan ujung tombak dari hasil pejabat pengawas kita untuk pemerintah maupun masyarakat. Untuk peserta PKP, saya berpesan agar dapat mampu menjalankan pelatihan kompetensinya sehingga berdampak kepada sikap dan perilaku kerjanya nanti,” pungkasnya.

PKP Angkatan XII tahun 2024 ini diikuti sebanyak 40 peserta Pejabat Pengawas (Eselon IV) lingkup Pemprov Kalsel.

Pembukaan PKP dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan Mars Bergerak.

Gubernur Paman Birin melalui Asisten Administrasi Umum Setdaprov yang juga Plt. Kepala BPSDMD Kalsel H. Ahmad Bagiawan membuka PKP Angkatan XII Tahun 2024 dengan pemasangan tanda peserta secara simbolis kepada perwakilan peserta Muhammad Husaini, ST (Disdikbud Kalsel) dan Belinda Devi Larasati Siswanto, S. Si, MA (Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov).

Pada pembukaan PKP Angkatan XII Tahun 2024 tampak hadir pejabat lingkup Pemprov Kalsel dan Widyaiswara BPSDM Pemprov Kalsel. (mr/Adpim)

Foto : Rezky A. Maulidja

Berikan Komentar