Paman Birin Terus Dorong Kaloborasi dan Inovasi PAM Bandarmasih
Banjarmasin – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin akan terus dorong upaya terkait peningkatan pelayanan PT Air Minum (PAM) Bandarmasih kepada masyarakat.
Hal ini disampaikan Paman Birin dalam sambutan yang disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Kalsel, Hj. Husnul Hatimah pada HUT PAM Bandarmasih ke-51, yang dilaksanakan di Aula PAM Bandarmasih, pada Senin (4/3) pagi.
“Sebagai salah satu pemegang saham, Pemprov Kalsel akan terus mendorong upaya kolaborasi maupun inovasi antara PAM Bandarmasih, pemerintah daerah dan semua stakeholder terkait peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” sampai Paman Birin.
Dalam puncak perayaan HUT yang mengusung tema “Sinergi untuk Pelanggan” ini juga, Paman Birin mengatakan bahwa tema ini mencerminkan komitmen PAM Bandarmasih yang selalu ingin memberikan yang terbaik kepada pelanggan, sebagai aset terbesar.
“Pelanggan adalah aset terbesar, dan kualitas pelayanan yang baik adalah kunci untuk mempertahankan kepercayaan dan kepuasan atas kinerja kita,” ujar Paman Birin.
Dalam kesempatan ini, tak lupa Paman Birin mengucapkan selamat dan menyampaikan apresiasi terhadap kinerja PAM Bandarmasih, sebagai salah satu pilar utama penyediaan air bersih di Kota Banjarmasin.
Selain itu, Paman Birin juga menyampaikan komitmen Pemprov Kalsel sebagai pemegang saham, untuk terus mendukung inovasi dan investasi yang diperlukan.
“Kami juga akan terus berkomitmen mendukung inovasi dan investasi yang diperlukan untuk memperbaiki infrastruktur air, peningkatan kualitas air dan memperluas jangkauan,” sampai Paman Birin.
Direktur Utama PAM Bandarmasih, M Ahdiat dalam laporannya menyampaikan bahwa pemilihan tema “Sinergi untuk Pelanggan” bukan sekedar penggunaan kata saja, namun adalah aspek yang ingin ditanamkan kepada perusahaan.
Dirinya juga menyampaikan bahwa kolaborasi antar departemen menjadi kunci dalam usaha peningkatan pelayanan kepada pelanggan.
“Kolaborasi antar departemen menjadi kunci. Pun pemeliharaan sistem dan infrastruktur juga akan selalu menjadi perhatian, dan juga respon cepat terhadap keluhan pelanggan,” sampainya.
Pada HUT ke-51 ini, PAM Bandarmasih juga melaksanakan sejumlah kegiatan internal seperti donor darah, beragam lomba dan jalan santai, serta pemberian penghargaan kepada pelanggan yang melakukan pembayaran tagihan tercepat.
Sementara itu, Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina menyampaikan bahwa kinerja PAM Bandarmasih harus menjadi lebih baik, karena sudah berbentuk Perseroan Terbatas atau PT.
“Performance corporate harus menjadi lebih baik karena sudah perseroan terbatas. Jangan takut kerjasama bisnis dengan semua pihak,” sampainya.
Sampai saat ini, cakupan PAM Bandarmasih sudah 98 persen. Dalam artian, PAM Bandarmasih sudah melayani hampir semua penduduk di banjarmasin.
Dalam acara yang juga Wakil Walikota Banjarmasin Arifin Noor, serta para pemegang saham, dewan komisaris dan direksi ini, juga dilakukan pemotongan nasi astakona sebagai simbolis perayaan ulang tahun.
Yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat ISO 9001:2015 PAM Bandarmasih kepada Walikota Banjarmasin.
Sebagai penutup, juga dilaksanakan peresmian Bandarmasih Integrated System Command Center, yang dapat memantau seluruh pelanggan di Banjarmasin.
Peresmian ini dilakukan secara simbolis dengan pemotongan rangkaian bunga, oleh Gubernur Kalsel yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Direktur Utama PAM Bandarmasih dan Walikota Banjarmasin. (ran/adpim)
Foto : Donny Sophiandi