Festival Pelajar Nusantara, Paman Birin Berpesan Optimalkan Peran Pemuda untuk Pembangunan

0
400

Banjarmasin – Pemuda adalah ujung tombak pembangunan suatu daerah, jika pemuda maju dan sejahtera, maka daerah juga pastinya akan maju dan sejahtera.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor melalui Asisten Administrasi Umum, Subhan Nor Yaumil pada penutupan Festival Pelajar Nusantara (FPN) di Provinsi Kalimanyan Selatan tahun 2022 di Halaman Kantor RRI Banjarmasin, Jumat (28/10/2022).

Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel ini mengatakan, pembangunan kepemudaan secara keseluruhan telah menjadi agenda kerja Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan saat ini, melalui misi, mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berbudi pekerti luhur.

“Untuk itu, kami selalu memberikan kesempatan dan peluang kepada pemuda untuk berpartisipasi dalam setiap proses pembangunan,” kata Paman Birin.

Paman Birin juga berharap, pemerintah kabupaten/kota, kecamatan, bahkan di tingkat desa, kiranya dapat mengoptimalkan potensi pemuda yang ada saat ini secara baik.

“Terus bangun komunikasi, koordinasi, sinergi dan kolaborasi, agar pemuda kita benar-benar unggul dan berdaya saing kedepannya,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Paman Birin juga memberi apresiasi kepada Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (RRI), yang telah menyelenggarakan kegiatan festival pelajar secara serentak di seluruh indonesia, termasuk di provinsi kalimantan selatan.

“Harapan terbesar kita dengan dilaksanakan festival ini adalah dapat menggali, mengembangkan serta memberdayakan segala potensi para pemuda kita untuk terus memberikan yang terbaik bagi kemajuan nusa dan bangsa,” ungkap Paman Birin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammadun menyampaikan apresiasi dan akan terus memberikan dukungan terhadap kegiatan generasi muda.

“Saya sangat mendukung kegiatan festival pelajar yang dilaksanakan oleh RRI ini. Hal ini tentu sebagai upaya mewujudkan generasi muda yang unggul, tangguh, sehat dan cerdas,” ucapnya.

Adapun Kepala LPP RRI Banjarmasin, Redno Desy Swasri dalam sambutannya mengatakan, Festival Pelajar Nusantara kali pertama digelar dalam rangkaian memperingati hari Sumpah Pemuda tahun 2022.

“Melalui Festival Pelajar Nasional ini semoga dapat lebih mempererat rasa persaudaraan dan menanamkan kecintaan kepada tanah air dan bangsa,”kata Redno.

Ia berharap, selain ajang FPN diharapkan dapat memfasilitasi pelajar dalam menyalurkan bakat dan kreatifitasnya diberbagai bidang.

“Dengan begitu diharapkan akan lahir para pemuda yang kreatif, inovatif, dan menjadi pilar-pilar terdepan dalam membangun peradaban indonesia yang lebih maju dan lebih sejahtera,” pungkasnya. (end/adpim)

Berikan Komentar